Kamis, 04 Desember 2008

New Jeddah Airport

Bandara Haji Baru untuk Jeddah




OMA di Timur Tengah: Office for Metropolitan Architecture sudah mendesain pelabuhan udara internasional yang baru untuk Jeddah di Arab Saudi



Terletak antara Jeddah dan Makkah, bandara ini akan melayani dua juta jamaah yang akan menunaikan rangkaian ibadah haji ke Makkah selama musim haji. Bandara ini juga akan dilengkapi terminal khusus Keluarga Kerajaan Saudi.



Terminal utama berbentuk lingkaran dengan oasis di tengahnya dan didisain sedemikian rupa untuk menanggulangi membludaknya jumlah kedatangan jamaah selama musim haji. Sedangkan terminal milik Kerajaan bentuknya lebih kecil.



Menurut OMA, Jeddah INTERNATIONAL AIRPORT yang baru ini memang disiapkan secara khusus untuk aktifitas selama 33 hari setahun yang supersibuk selama musim haji, yang menjadi pusat pelayanan menyambut dua juta jamaah haji mancanegara sebelum menuju Makkah.



Tak ada bandara lain di dunia yang seperti itu kekhususan penggunaannya. Itu sebabnya bandara ini secara khusus memerlukan kajian tersendiri, baik di segi pengaturan bandaranya sendiri, maupun arsitekturnya.



Bandara memiliki dua ukuran: terlalu besar dan terlalu kecil. Pada prinsipnya selalu dihadapkan pada kemungkinan untuk kelak akan sampai pada keperluan mendesak untuk diperluas, sesuatu yang tidak dapat ditebak. Ini akan menggiring kepada analisis akurat untuk menentukan ukuran bandara yang paling tepat. Untuk tujuan inilah dimungkinkan untuk menciptakan bentuk bandara terbuka yang permanen.



Sebagai sebuah bandara khusus haji, Bandara Internasional Jeddah yang baru menghadirkan situasi unik: perluasannya diberi kekhususan, dikaitkan dengan tingkat kesibukkannya yang hanya terjadi di momen tertentu untuk lama waktu tertentu pula. Segala kemungkinan ini mengharuskan bentuk pelabuhan udara Jeddah yang baru ini mendapatkan tingkat kekhususan tersendiri, berbeda dibanding bandara 'biasa'.



Beda dengan bandara umum, di sini yang lebih besar adalah fasilitas untuk kedatangan jamaah.Di sini, terminal keberangkatan secara umum ditempatkan di 'tempat besar dan mewah' di atas (kebanyakan di bawah atap bergelombang) dan terminal kedatangan terletak di bawah, yang akan memudahkan pengumpulan bagasi dan urusan administrasi lainnya bagi jamaah mancanegara.***

Tidak ada komentar: