Rabu, 11 Februari 2009

Berita Online

Online, Media Terpercaya bagi Pebisnis


JAKARTA - Ini kabar baik bagi media online. Menurut Direktur Edelman Trustbarometer Aditya Chandra Wardhana, media online menempati posisi tertinggi sebagai sumber informasi terpercaya bagi para pebisnis Indonesia, mengalahkan media massa lainnya. ''Para pebisnis terbiasa mengikuti berita online karena mereka membutuhkan informasi cepat untuk mengambil keputusan,'' kata Aditya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/2).

Aditya mengatakan, Dari hasil survei 200 orang elit informasi, ada tiga sumber informasi paling dipercaya menurut kalangan elit informasi Indonesia, yakni isi berita online, berita televisi, dan komunikasi langsung dari manajemen perusahaan. Tingkat kepercayaan para elit informasi yang berpendidikan sarjana untuk konten online mencapai 41 persen. Sedangkan untuk televisi mencapai 40 persen, dan komunikasi langsung pada manajemen perusahaan mencapai 36 persen.


Sementara untuk tingkat kepercayaan di tingkat media konvensional, artikel di majalah bisnis berada di peringkat kedua mencapai 35 persen, diikuti radio 29 persen, dan terakhir baru surat kabar yang mencapai 27 persen. Menurut Aditya, survei dilakukan kepada para eksekutif yang berusia 25 tahun hingga 65 tahun, dengan penghasilan mencapai Rp30 juta ke atas.

Kebanyakan mereka membutuhkan informasi awal dari setiap kebijakan atau peristiwa terkait isu global yang kemungkinan berdampak pada usaha di sektor masing-masing, ujar Aditya."Selanjutnya mereka akan mengontak secara pribadi pengamat-pengamat yang biasanya sudah mereka kenal," ujar dia.

Dari hasil survei itu sendiri ternyata media massa menjadi institusi yang paling bisa dipercaya dengan presentase mencapai 77 persen, dibandingkan dengan korporasi, pemerintah, dan LSM.Dari hasil survei pengusaha berada di urutan kedua dengan presentase sebesar 62 persen, LSM diurutan ketiga dengan presentase 46 persen, dan pemerintah 45 persen. Edelman sendiri merupakan perusahaan yang telah melakukan survei terkait kepercayaan masyarakat atas kondisi aktual secara global. Survei telah dilakukan dalam 10 tahun terakhir di 20 negara, dan tingkat "error margin"-nya mencapai lima persen. (aj/JPNN.com)

1 komentar:

Admin mengatakan...


PENGUMUMAN

"undang KOPDAR Blogger Pekanbaru"
malam ahad tgl 28 feb di Riau Pos jam 8:00 wib
MOHON KEHADIRAN KAWAN2
agenda slaturahim dan pembentukan komunitas
Blogger Kota Pekanbaru