Jumat, 15 Mei 2009

Spacewalk

Astronot AS Bersiap untuk 'Spacewalk'


HUBBLE - Teleskop antariksa Hubble yang tampak telah terkait melalui tangan mekanis dengan pesawat ulang-alik Atlantis, serta siap untuk dikunjungi dan diperbaiki. Foto: NASA TV.

TANJUNG CANAVERAL - Sejumlah astronot yang tergabung dalam program perjalanan NASA, dalam rangka perbaikan teleskop angkasa Hubble, kini tengah bersiap melangkahkan kaki untuk kali pertamanya di antariksa. Dua orang yang bakal melakukannya saat ini adalah John Grunsfeld dan Drew Feustel.

Sebagaimana diberitakan AP, kedua orang ini tergabung dalam satu tim yang dikirimkan NASA untuk melakukan tindakan upgrade terhadap teleskop satelit Hubble. Tim tersebut saat ini sudah berada di posisi, bersama pesawat ulang-alik Atlantis, dan telah terhubung dengan Hubble.

Dijelaskan, menurut rencana Grunsfeld dan Feustel akan melangkah ke luar pesawat untuk pertama kalinya pada Kamis (14/5) pagi waktu Florida, AS. Rencananya pula, total akan ada setidaknya lima kali proses 'jalan di antariksa' (spacewalk) yang bakal dilakukan tim itu.

Tim ini bakal mengganti kamera teleskop Hubble yang sudah berusia 15 tahun. Kamera penggantinya, yang berukuran kurang lebih sebesar grand piano kecil, dikatakan dapat melihat lebih jauh dan mendetail ke kedalaman antariksa.

Proses spacewalk perdana itu sendiri diprediksi bakal memakan waktu kurang lebih 6,5 jam. Termasuk di dalamnya tindakan mengganti perangkat data komputer yang sudah rusak sejak tahun lalu. Akan halnya kamera yang bakal dicopot, rencananya akan dibawa balik ke bumi dan kelak dipamerkan di Smithsonian Institution.

Pesawat angkasa Atlantis, melalui sebuah tangan mekanis, tanpa kendala telah berhasil mengait Hubble sejak Rabu (13/5) waktu AS. Sementara itu, komandan pesawat Scott Altman melaporkan, bahwa saat ini kedua astronot yang bakal bertugas sudah "menunjukkan antusiasme tinggi terhadap teleskop (Hubble) tersebut". (ito/jpnn.com)


Tidak ada komentar: