Jumat, 19 Maret 2010

Apa yang Dapat Menerangkan Penglihatan

Tahukah Anda, bahwa sesuatu yang dapat menerangkan penglihatan dan menyejukkan hati ternyata adalahdengan melihat pada warna hijau, melihat air yang mengalir, melihat orang/barang yang disayangi dan melihat buah (dedaunan).

Sebaliknya, ketahui juga bahwa ternyata ada hal-hal yang memiliki efek dapat menggelapkan pandangan yaitu berjalan tanpa alas kaki (berkaki ayam), menyambut waktu pagi dengan wajah murka (masam), banyak menangis dan banyak membaca tulisan yang kecil-kecil.

Itulah di antara sari pati yang dapat dipetik dari buku Cara Rasulullah S. A. W. mengelak dan menyembuhkan penyakit. Hal lain yang dijelaskan di antaranya seperti berikut:

Penyebab Rusaknya Badan

Di antara hal-hal yang menyebabkan rusaknya badan yaitu perasaan cemas dan risau, gelisah, lapar dan tidak tidur malam (bukan tujuan qiyamullail)

Penyebab Wajah Bersinar

Perilaku yang dapat menyebabkan wajah kelihatan kering (hilang cahaya) yaitu berdusta, tidak mempunyai perasaan malu, banyak bertanya tanpa ilmu dan banyak berbuat dosa.

Sebaliknya, hal-hal yang dapat menyebabkan wajah bersinar yaitu menjaga marwah/harga diri, jujur, dermawan dan takwa.

Perasaan Benci

Di antara hal yang dapat menyebabkan perasaan benci antara lain sifat sombong, dengki, berdusta dan suka mengadu domba.

Mendatangkan dan Menghambat Rezeki

Di antara banyak hal yang menyebabkan datangnya rezeki antara lain Qiyamullail (beribadah di waktu malam selepas tidur), banyak membaca istighfar di waktu sahur (masa sebelum masuk waktu subuh), bersedekah dan berzikir di waktu pagi dan petang.

Sedangkan perkara yang menyebabkan rezeki tersendat yaitu tidur di waktu pagi, sedikit mengerjakan sembahyang, malas dan khianat.

Rusaknya Daya Ingat

Hal-hal yang dapat menyebabkan rusaknya ingatan dan kefahaman yaitu sentiasa makan buah yang masam, tidur pada tengkuk (belakang kepala), hati sedih dan pikiran risau.

Sementara hal-hal yang menyebabkan bertambahnya daya ingatan dan kefahaman yaitu kegembiraan hati, sedikit makan dan sedikit minum, mengontrol makanan dari sesuatu yang manis dan berlemak serta mengurangkan kelebihan yang memberatkan badan..

Maksud firman Allah:

Dan sesungguhnya kami jadikan untuk isi neraka jahanam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunaknnya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (Al A'raaf: 179)

Tidak ada komentar: